Perbedaan Oppo R7 dan Oppo R7 Plus Tak Signifikan, Harga Beda Jauh

Perbedaan Oppo R7 dan Oppo R7 Plus – Oppo baru saja meluncurkan seri R7 dan R7 plus di pasar Indonesia. Kedua ponsel pintar ini memiliki desain permium untuk membidik kelas atas. Dua seri terbaru ini melengkapi R series yang dihadirkan Oppo Mobile. Mengingat smartphone ini ditujukan untuk kalangan atas, jelas spesifikasi yang dibawa sangat mumpuni. Namun yang menarik spesifikasi Oppo R7 dan R7 plus ini tidak beda jauh, akan tetapi soal harga keduanya terpaut Rp 2 jutaan. Berikut kami berikan perbedaan dua smartphone seri terbaru dari Oppo tersebut.

Advertisement

Perbedaan Oppo R7 dan Oppo R7 Plus

Advertisement

Perbedaan Oppo R7 dan Oppo R7 Plus

Pertama, dari sektor layar Oppo R7 memiliki layar berukuran 5 inchi dengan resolusi 1920 x 1080 piksel. Layar yang dilengkapi teknologi Super AMOLED tersebut memiliki kepadatan mencapai 441 piksel per inchi. Praktis gambar yang dihasilkan sangat jernih dan tajam. Sebagai proteksi, kaca lengkung 2,5 D besutan Gorilla Glass 3 pun disematkan. Sama seperti smartphone Oppo lainya, R7 menggunakan OS ColorOS 2.1 yang dikembangkan dari Android Lollipop 5.1. Sedangkan seri R7 plus memiliki ukuran layar yang lebih lebar yakni 6 inchi namun memiliki resolusi sama dan tetap menggunakan Super AMOLED LCD. Akan tetapi kepadatan layar justru lebih kecil yakni 367 piksel per inchi.

Selanjutnya beralih ke “daleman” dari smartphone Oppo terbaru ini. Tak ada perbedaan Oppo R7 dan Oppo R7 plus di sektor jantung pacu. Dua smartphone ini sepakat untuk menggunakan prosesor octa core yang terbagi menjadi quad core 1,5 Ghz dan quad core 1 Ghz serta chipset dari Qualcomm Snapdragon seri 615. Begitu juga dengan RAM dan GPU yang sama-sama menggunakan RAM 3 Gb dan pengolah grafis Adreno 405.

Meski Oppo R7 dan R7 plus sama-sama mengusung kamera utama 13 megapiksel, namun seri R7 plus lebih unggul. Ini dikarenakan kamera Oppo R7 plus memiliki fitur-fitur seperti laser autofokus, sensor RGBW, lensa Schneider-Kreuznach,  Dual LED flash serta phase detection autofokus. Sedangkan untuk kamera depan keduanya menggunakan kamera berkekuatan 8 megapiksel sehingga cocok untuk video call dan foto selfie. Sektor memori juga memiliki perbedaan. Oppo R7 memiliki memori internal 16 Gb plus Slot microSD upto 128 Gb, sedangkan R7 plus memiliki memori internal 16 Gb yang juga dilengkapi slot micro SD sampai maksimum 128 Gb.

Perbedaan Oppo R7 dan Oppo R7 Plus yang terakhir adalah sektor baterai. Oppo R7 plus memiliki ketahanan yang lebih lama karena kapasitas baterai sangat besar yakni 4100 mAh plus teknologi fast charging. Sedangkan untuk seri Oppo R7 hanya mengandalkan baterai 2320 mAh saja. Sementara untuk konektivitasnya, tidak ada perbedaan antara seri R7 dan R7 plus yakni sama-sama dilengkapi dengan fitur-fitur seperti 4G LTE, 3G HSPA, dual sim, wifi, FM Radio, GPS, bluetooth, dan port microUSB.

Secara keseluruhan, sebenarnya Perbedaan Oppo R7 dan Oppo R7 Plus tidak begitu signifikan. Seri R7 plus unggul di sektor layar yang lebih besar, kapasitas baterai yang besar serta adanya dual LED Flash untuk mengoptimalkan hasil jepretan kamera. Namun untuk soal harga, keduanya terpaut cukup besar. Harga Oppo R7 plus di Indonesia adalah Rp 7 jutaan sedangkan harga oppo R7 adalah Rp 5 jutaan.

Advertisement
error: Content is protected !!